CONTOH SOAL

1. Pria 81 tahun ditemukan keluarganya dalam keadaan disorientasi dan kebingungan. Pemeriksaan di ruang emergensi menunjukkan adanya hipoglikemi. Pria ini tidak demam, pemeriksaan fisik dalam batas normal. Dilakukan bolus dekstrosa dan pasien segera membaik, gula darahnya menjadi 122 mg/dL dan pemeriksaan neurologi kembali normal. Obat manakah yang paling sering menimbulkan gejala-gejala tersebut diatas :
A. Metformin
B. a -glukosidase inhibitor
C. Sulfonylurea
D. Grinid
E. Insulin
Kunci jawaban : C
2. Terapi obat yang paling tepat untuk pasien diabetes tipe 1 adalah :
A. Injeksi insulin NPH malam sebelum tidur
B. Injeksi insulin campuran (NPH + RI) pagi dan malam sebelum makan
C. Insulin RI setiap kali sebelum makan dan NPH sebelum tidur
D. Kombinasi sulfonylurea pagi dan NPH sebelum tidur
E. NPH pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur
Kunci jawaban : C
3. Anda sebagai dokter komite olah raga nasional. Suatu hari datang seorang sprinter consult ke anda tentang makanan dan minuman apa yang baik dikonsumsi menjelang pertandingan. Untuk menjawab masalah tersebut anda berfikir jenis metabolisme apakah yang dominan pada sprinter saat bertanding ?
A. Aerobic oxidation
B. b-oxidation
C. Aerobic glycolysis & glycogenolysis
D. Aerobic dehydrogenation
E. Anaerobic glycolysis
Kunci jawaban : E
4. Seorang wanita, umur 58 tahun, datang ke Poliklinik Hematologi Onkologi Medik dengan keluhan utama nyeri pinggang progresif sejak 5 bulan yang lalu. Pemeriksaan fisik didapatkan anemi, nyeri tekan daerah VL III-IV. Pemeriksaan laboratorium didapatkan serum kreatinin 5,6 mg/dL, BUN 127 mg/dL. Rontgen foto menunjukkan adanya fraktur kompresi pada VL III, lesi osteolitik pada tulang coxae dan femur, sehingga diagnosisnya suspek multiple mieloma. Tes skreening yang perlu dilakukan untuk membantu menegakkan diagnosis pasien tersebut adalah:

A. Hapusan darah tepi
B. Elektroforesis protein
C. BMA (Bone Marrow Aspiration)
D. Pernyataan A dan B benar
E. Semua pernyataan diatas benar
Kunci jawaban : E
5. Laki2 30 tahun, menikah 5 tahun blm punya anak, tanda2 seks sekunder (+), penis bentuk dan ukuran normal, ada benjolan di inguinal kanan 4x3 cm. Diagnosa ?
A. Chriptorchimus
B. Hernia scrotalis
C. Varicocele
D. Torsio testis
E. Hidrocele
Kunci jawaban : A
6. Seorang laki-laki 40 th, pekerjaan sopir angkot datang ke tempat praktek dokter dengan keluhan sakit tenggorokan dan batuk sejak 2 minggu yang lalu yang awalnya disertai pilek. Saat ini pileknya sudah sembuh, batuknya masih tetap khususnya malam hari. Dari anamnesa diketahui pasien adalah perokok berat yang sudah sering mendapat advis untuk menghentikan rokoknya, riwayat penyakit sebelumnya tidak ada. Dari pemeriksaan didapatkan pharynx kemerahan dan lain-2 dalam batas normal. Terapi yang diberikan dokter berupa advis berhenti merokok dan obat .Obat manakah di bawah ini yang paling tepat untuk pasien tsb ?
a. Gliseril guaiakolat
b. Dextrometorfan
c. Ipekak
d. Doveri
e. Gliseril guaiakolat + dekstrometorfan
Kunci jawaban : B
7. Seorang wanita usia 26 tahun datang ke Rumah Sakit dengan keluhan marah marah tanpa sebab, gelisah, bila ditanya jawabannya incoherent selama 2 hari sebelum ke Rumah Sakit. Penderita sering kejang selama 11 tahun, frequensi kejang 2 - 3 kali per bulan, satu minggu sebelum MRS penderita kejang kejang selama 15 menit, tensi 110 / 70, nadi 110/ menit, pernafasan 24 x / menit, suhu 36,7 derajat celsius. Selain kelompok obat anti epileptika, pada penderita ini diberikan obat apa?
a. Alprazolam
b. Imipramine
c. Haloperidol
d. Diazepam
e. Amitriptiline
Kunci jawaban : C (GMO ok Epilepsi)
8.Seorang ibu umur 30 tahun datang kedokter dengan gejala panas 4 hari tidak turun-turun dan hasil pemeriksaan : suhu tubuh 38°C, nadi 90 x/mnt dan dokter melakukan pemeriksaan laboratorium dan didapat trombosit : 150.000 maka diagnosa ditegakkan adalah DBD. Tindakan dokter tersebut termasuk dalam kegiatan seperti dibawah ini..
A. Pencegahan primer
B. Pencegahan sekunder
C. Pencegahan tertier
D. Promosi kesehatan
E. Perlindungan pribadi/spesific protection
Kunci jawaban : B
9.Seorang laki-laki umur 60 tahun datang kedokter membawa hasil Ro photo setelah 6 bln menjalani pemotretan dengan hasil bahwa penderita tersebut dinyatakan sembuh dari penyakitnya tetapi dokter menyuruh penderita control lagi dalam waktu 1 bulan sampai 3 bulan. Tindakan dokter ini termasuk dalam kegiatan apa ? Pilihlah satu jawaban dibawah ini
A. Pencegahan primer
B. Pencegahan sekunder
C. Pencegahan tertier
D. Deteksi dini
E. Disability limitation
Kunci jawaban : C
10.Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari antara lain tentang frekuensi dan distribusi penyakit. Dalam hal distribusi penyakit apakah artinya atau maknanya? Pilihlah salah satu jawaban dibawah ini..
A. Pandemi
B. Endemis
C. Epidemi
D. Berdasarkan waktu
E. Berdasarkan analisis
Kunci jawaban : D
11.Dalam rencana kegiatan imunisasi Polio dokter Puskesmas sebagai koordinator diwilayah kerjanya. Pimpinan Puskesmas dan stafnya bekerja keras agar sasaran dapat tercapai, namun ada beberapa hambatan karena beberapa karena ada beberapa posyandu yang tidak memenuhi target dalam pelaksanaannya karena kekurangan vaksin polio. Dari unsur pokok/fungsi manajemen unsur manakah yang kurang dilakukan oleh dokter Puskesmas sebagai koordinator sebelum pelaksanaan? Pilihlah salah satu jawaban yang benar dibawah ini.
A. Planning
B. Organizing
C. Actuating
D. Controlling
E. Budgeting
Kunci jawaban : A
12. Seorang anak laki-laki berumur 8 tahun dengan tunamental. Pada pemeriksaan fisik ditemukan fenotip seorang laki-laki dengan tanda-tanda wanita yaitu suara tinggi, pertumbuhan payudara, testis kecil, alat genetalia luar tampak normal.Pemeriksaan analisa semen tidak ditemukan spermatozoa. Pemeriksaan kariotip ditemukan tambahan seks kromosom X sehingga nomenklatur kromosom adalah 47,xxy dan formula kromosomnya 2n + 1 ( Trisomi seks kromosom ). Diagnosis manakah yang paling tepat untuk kasus diatas ?
A. Turner Syndrome
B. Klinefelter Syndrome
C. Patau Syndrome
D. Edward Syndrome
E. Down X Syndrome
Kunci jawaban : B

13. Bila hasil pemeriksaan EKG penderita tersebut menunjukkan potensial QRS compleks pada hantaran L-1 = 0,4 mV dan pada hantaran L-3 = 0,4 mV. Jawablah 3 soal berikut ini. Sumbu listrik pada bidang frontal jantung pasien tersebut adalah...
A. 00
B. 300
C. 600
D. 900
E. 1200
Kunci jawaban : C